Senin, 17 September 2012

Change Ur Identity, Change Ur Life (Part 3, TAMAT).


Ada yang ketinggalan. Sejak istri Adam Khoo memutuskan untuk menjadi Guru Agama Buddha, dia menjadi lebih welas asih, suka menolong orang dan menjadi vegetarian murni dengan mudah.Inilah bentuk lain dari Kekuatan Perubahan Identitas.

Banyak hal sebenarnya.Seperti seorang lelaki atau wanita yang masa lalunya mengerikan lalu mendapat 'Hidayah' maka sontak pola hidup berubah seperti rajin mengaji, beribadah, menutup aurat, aktif di organisasi dan banyak lagii.

Betapa kuatnya pengaruh perubahan identitas ini! Sehingga saya pun sangat menganjurkan untuk diri dan mengajak teman teman untuk sama sama memperbaiki identitas yang mungkin selama ini dirasa kurang atau tidak memberdayakan sama sekali.

Tips dari Adam Khoo:

1.Tulis Identitas yang anda inginkan.
Tulis bagian bagian darinya.Misalnya anda memutuskan untuk menginstall identitas 'Bijaksana' maka tulis itu, katakan pada diri sendiri dengan penuh keyakinan. 

Orang Bijak artinya tak gampang terpancing emosi, sabar, tenang, berwibawa dan terus mengupdate pengetahuan serta mengembangkan diri tanpa akhir. Dan lain sebagainya. Saat anda memutuskan menjadi bijaksana, maka sifat sifat bawaan lain akan terinstall dengan sendirinya. Begitupun dengan 'Berani' 'Damai' 'Cerdas' 'Kreatif' dan lain sebagainya. Just Do It :)

2.Bayangkan diri anda sebagai orang yang sudah berIdentitas itu.
Bayangkan anda sudah menjadi Bijaksana dalam segala situasi dan kondisi. Saat menghadapi konflik, saat menghadapi masalah dan lain lain, bayangkan anda menghadapinya dengan penuh kebijaksanaan. Lakukan berulang ulang, karena bayangan pikiran yang sering diulang, akan menjadi nyata.

3. Bertindaklah sesuai identitas anda.
Bertindaklah dan bergayalah laksana orang yang bijaksana. Mungkin dengan lebih banyak tersenyum, ramah, menyapa, membaca Kitab Kebijaksanaan dan lain lain. Tindakan akan memastikan kebiasaan ini 'duduk' dalam jiwa anda.

4.Perkuat identitas dengan sering MENGATAKANNYA.
Seringlah bicara tentang kebijaksanaan, membaca kebijaksanaan, berdiskusi tentang kebijaksanaan.Ini berfungsi seperti afirmasi yang menguatkan dan memberi tahu orang lain identitas baru anda.

5. Lakukan Perubahan Fisik.

Tampillah layaknya orang yang bijaksana.Pakaian, dandanan, aksesori dan bahasa tubuh. Adam Khoo sejak menjadi Public Speaker mengubah gaya rambut, berpakaian dan lainnya.Menurutnya, penampilan fisik kita juga berpengaruh dengan identitas yang kita pegang serta memperkuatnya.

Baiklah, tentang 'Bijaksana' tadi hanya satu contoh.Anda bisa mengubahnya sesuai yang anda inginkan.Seperti:

- Pembicara Hebat.
- Daya Ingat Luar Biasa.
- Mudah Ikhlas dan Memaafkan.
- Jagoan Komunikasi.
- Pebisnis Tangguh.
- Pantang Mundur.

Dan banyak lagi. Silakan pilih identitas yang anda inginkan dan Install sesegera mungkin.Pilihan diatas hanya contoh saja. Jangan banyak banyak, maksimal 3 atau lebih baik satu saja dulu,karena kalau banyak banyak maka akan gagal dan kacau balau. 1 saja, yang penting jadi dan permanen serta menjadi identitas yang memberdayakan selamanya, insya Allah.

Saya menulis catatan ini untuk diri sendiri serta mengajak saudaraku sekalian sama sama memperbaiki diri, bukan untuk menggurui. Semoga bermanfaat adanya dan mohon maaf sedalam dalamnya, jika ada salah kata dan pemahaman dalam tulisan ini.

Selamat Menikmati Identitas baru anda yang membahagiakan dan Have Fun with it.

Salam Identitas :)

Fahmy Arafat Daulay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar